Tim Penggerak PKK Desa Karangtalun yang di ketuai Bu Khoirun Nafi’ah bekerja sama dengan Bidan Desa mbk Ita sapa akrabnya (Ita Tri Andiasari, Amd.Keb) serta Puskesmas Kalidawir (Siti Komariyah, Amd.Keb – Iskanul Munawor, Amd.Kep – Mitha Faradina, Dwi Setyowati, dll)  mengadakan lombalomba administrasi posyandu di pendopo Desa Karantalun pada hari Selasa 4 September 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif keluarga terutama orang tua dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan serta kesejahteraan balita, meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan balita. Kegiatan lomba dengan Tema “Anak sehat adalah aset masa depan bangsa”. Tim Penggerak PKK Desa Karangtalun Bu Khoirun Nafi’ah yang membuka kegiatan lomba tersebut menyampaikan bahwa kesehatan merupakan hak dan kewajiban setiap insan di muka bumi ini, karena rakyat yang sehat merupakan landasan utama dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan negara. Pembangunan Kesehatan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Sasaran utama pembangunan kesehatan nasional adalah mewujudkan masyarakat mandiri untuk hidup sehat tanpa memperhatikan status sosial dan tingkat ekonomi masyarakat dengan mengedepankan pemerataan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan tersebut perlu melibatkan seluruh potensi bangsa lndonesia baik masyarakat, swasta maupun dunia pendidikan yang diorganisir oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah termasuk PKK.

Anak adalah aset bangsa, penerus cita-cita bangsa, oleh karena itu penting bagi kita untuk dapat melindungi setiap hak-hak anak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, bebas dari kekerasan dan diskriminasi. Kita semua berharap anak-anak kita bisa tumbuh cerdas, kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun, dan berakhlak mulia. Dengan memberikan gizi yang baik dan cukup maka secara fisik, mereka akan tumbuh sehat, kuat, serta memiliki mental yang tangguh.
Lomba Administrasi Posyandu diikuti 8 posyandu yang ada di Desa Karangtalun.

Kepala Desa Karangtalun Drs. Agus Imam Wijayanto, Msi yang memberikan Tropi, Alat ukur tinggi badan dan uang pembinaan kepada pemenang lomba menyampaikan bahwa Posyandu di Karangtalun harus ikut pemberdayaan keluarga, karena keluarga merupakan unit sosial terkecil dalam kehidupan dalam masyarakat. Inti dari pemberdayaan keluarga adalah upaya untuk memenuhi hak dasar anak, dengan cara memberikan pendidikan yang layak, menyiapkan mereka menjadi putra –putri terbaik di lingkunganya serta menjadikan mereka kader-kader daerah dan pemimpin dalam berbagai strata dan profesi.Pemerintah saat ini telah memperluas akses pendidikan, memperbaiki kesehatan anak, serta memberikan dukungan dan fasilitas pada beragam program inovatif anak, sebagai upaya perlindungan dan perwujudan kesejahteraan anak, dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya tanpa diskriminasi. (editor:mas_AW)

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?