Karangtalun, 24 November 2019

Pemerintah Desa Karangtalun mengadakan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat berupa Pendampingan serta pelatihan usaha ekonomi produktif. Salah satu contohnya adalah Pelatihan pembuatan kerajinan berbahan dasar paralon. Dalam kegiatan ini kami Pemerintah Desa Mengundang narasumber pengrajin paralon bakar dari Kab. Blitar sdr A.Wily Widodo atau Mas Wily akrabnya.

Bapak Sekdes dalam sambutannya pada pelatihan Usaha Ekonomi Produktif.

Pelatihan ini diikuti oleh 42 peserta terdiri dari anggota karangtaruna dengan materi terdiri dari pelatihan pembuatan kerajinan Paralon serta kiat-kiat dalam menjalankan usaha rumahan atau home industri. Dalam sambutannya Bapak Suyatno, S.Sos selaku Sekretaris Desa Karangtalun menyampaikan perlunya pelatihan kelompok usaha ini guna memotivasi warga masyarakat untuk mengembangkan usaha industri kecil sehingga meningkatkan perekonomian keluarga. Karena membangun Desa tidak hanya fisik atau sarana dan prasarana saja, tetapi pemberdayaan masyarakat atau pembangunan SDM juga sangatlah penting, terutama industri rumah tangga serta Pak Sek berharap tidak hanya berhenti disini saja namun bisa berkembang kedepannya.

Peserta Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif.

Ibu Eri Mulat Yulia yang merupakan ketua pokja II PKK Desa Waru turut memberikan materi terkait dengan kiat-kiat dalam memulai usaha kepada peserta, tentang bagaimana tantangan dalam memulai usaha. Karena selain berprofesi sebagai Guru PNS, beliau juga memiliki beberapa Usaha, antara lain warung kelontong, Jenang dan juga usaha budidaya jamur, yang dapat menginspirasi warga lain untuk ikut mengembangkan usaha.

Bapak Kades berharap dalam kegiatan ini kedepannya dapat menjadi pelaku ekonomi produktif yang berkembang dan mengurangi pengangguran di Desa Karangtalun.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.