Karangtalun, 30 April 2020. Di Kabupaten Tulungagung kurang lebih 257 desa yang terbagi di 18 kecamatan. Dari jumlah itu baru 1 desa yang menyalurkan DD untuk bantuan warga terdampak Covid 19. Desa itu adalah Desa Karangtalun, Kecamatan Kalidawir.

Hal itu diungkapkan Kepala DPMD Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono melalui Kasi Perencanaan dan Pembangunan Desa, Anasrudin.

Dari penjelasanya, di Desa Karangtalun, Kecamatan Kalidawir ada 95 keluarga yang telah menerima bantuan tunai 600 ribu untuk bulan April. 95 Keluarga itu masuk dalam Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya sudah melalui seleksi dan musyawarah desa.

“Ya, ada satu desa saja yang sudah menyalurkan bantuan BLT tahap pertama untuk bulan April kemarin,” katanya.

Anasrudin yang pada kesempatan ini hadir di Desa Karangtalun menjelaskan aturan yang memperbolehkan DD digunakan untuk pemberial BLT. Aturan itu tertuang jelas di permendes nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Di mana, untuk penerima DD dengan pagu di bawah Rp 800 juta, bisa mengalokasikan BLT sebanyak 25 persen dari anggaran yang diterima. Sementara yang mendapat pagu Rp 800 juta sampai Rp 1, 2 miliar bisa mengalokasikan 30 persen, dan pagu di atas Rp1,3 miliar 35 persen. BLT tersebut diperuntukkan bagi warga yang terdampak Covid-19 terhitung tiga bulan, mulai April hingga Juni mendatang.

“Mengacu ini, pemdes bisa menyalurkan BLT Dana Desa (DD) segera kepada penerimanya. Apalagi DD tahap dua, sudah ada 87 desa yang cair,”

Penerima bantuan adalah warga yang tidak mendapatkan BPNT (bantuan pangan non tunai), Program Keluarga Harapan (PKH), kartu pra kerja, Bansos Tunai dari Kemensos, yang kehilangan mata pencaharian/penghasilan, belum terdata di DTKS atau memiliki anggota keluarga yang sakit kritis. Di Desa Karangtalun ada 95 penerima bantuan langsung tunai yg bersumber Dana Desa.

Penyaluran langsung dari Bank Jatim kepada penerima di Balai Desa Karangtalun yang terbagi menjadi 2 gelombang sesuia dengan protokol yang mana gelombang pertama Dusun Karangsono dan Dusun Karangtalun dilanjutkan gelombang kedua Dusun Bendiljet. Dalam kegiatan ini dihadiri ketua BPD, LPM, Bapak Camat Kalidawir, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa dan Tokoh Masyarakat.
Semoga Bantuan Langsung Tunai ini bermanfaat disaat pandemi covid-19

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?